Jumat, 15 Juni 2007

Ingin Jadi Singkong, Telur atau Kopi?

Ketika hidup kita sedang merasa putus asa dan bersedih serta merasa bahwa hidup ini teramat menyakitkan. Ingatlah Singkong, Telur dan kopi. Umpamakanlah sebuah air mendidih itu adalah masalah, cobaan, ujian dalam hidup kita.

Ketika Singkong, Telur direbus didalam air mendidih tadi maka apa yang terjadi Singkong yang tadinya terasa tidak enak menjadi enak dinikmat dimakan. dan Telur yang kalau kita kupas kulitnya kita membutuhkan wadah untuk menampung cairan didalamnya tapi tidak karena dengan direbus telur itu menjadi keras dan lebih nikmat dimakan, sedangkan kopi yang disirami air mendidih maka warna air tersebut akan menjadi hitam karena zat dalam kopi melarut.

Umpama itu kita bisa jadikan pedoman jika kita sedang merasakan putus asa dalam hidup. Tergantung kepada kita. Apakah kita ingin menjadi seperti singkong tadi,yang kelihatan keras, tapi ketika adanya penderitaan dan kesulitan, kita menyerah menjadi lembut dan kehilangan kekuatan.

Atau, apakah kita ingin jadi telur yang pada awalnya memiliki hati lembut, dengan jiwa yang dinamis ? Namun setelah adanya kematian, patah hati, perpisahan atau apa saja ujian dalam kehidupan akhirnya kita menjadi keras dan kaku.

Atau seperti serbuk kopi ? Yang berjaya mengubah air mendidih, sesuatu yang menimbulkan kesakitan, untuk mencapai rasa yang maksimum pada suhu 100 derajat celcius.Karena jika kopi itu diberi air panas maka kenikmatan dan rasanya semakin bisa dinikmati. Jika kita seperti serbuk kopi, ketika keadaan menjadi semakin buruk atau memuncak, kita akan menjadi semakin baik dan membuat keadaan disekitar kita juga menjadi semakin baik.

Dan semuanya baik itu singkong, telur dan kopi sesungguhnya lebih nikmat jika air yang mendidih tadi merebusnya. Itu berarti setiap masalah dan cobaan itu sesungguhnya jalan untuk menuju kenikmatan tergantung bagaimana kita menyikapinya.
Maka ingin jadi siapakah kita?

1 Komentar:

Pada 20 Juni 2007 pukul 22.14 , Blogger Unknown mengatakan...

Nice thought, Singkong, Telur atau Kopi.. memang setiap masalah harus dihadapi dengan bijak serta pikiran yang tenang becoz every problem there must be a way out. Bagaimana kita menyikapinya masalah itulah yang paling penting...
salam, mamed.web.id

 

Posting Komentar

<< Beranda